Sebilah Pedang Saksi Bisu Perjuangan Rasulullah

--busur dan pedang Rasulullah--
 
Ada sembilan pedang nabi yang berhasil terkumpul di Istana Topkapi Istanbul, Turki. Ini merupakan saksi bisu yang merupakan pelaku sejarah perkembangan islam hingga saat ini. Sembilan pedang yang berhasilkan itu sebagian besar adalah hasil rampasan-rampasan perang, diantaranya erang Badar, Uhud, Khandaq dan lain-lain.

*Pedang Al Battar
Pedang Al Battar didapatkan oleh Nabi Muhammad sebagai barang rampasan dari Bani Qaynaqa. Pedang ini dinamakan pedang Nabi dan pada pedang ini terpahatkan dalam bahasa Arab nama dari Daud, Sulaiman, Musa, Zakaria, Yahya, Isa dan Muhammad. Berdasarkan cerita Nabi Daud memenggal kepala Goliath yang merupakan pemilik asli pedang ini. Pedang ini disimpan di Museum Topkapi Istanbul. Bahkan ada sumber yang mengatakan bahwa pedang ini akan digunakan oleh Nabi Isa untuk mengalahkan dajjal.


*Pedang Al-'Adb
Al-''Adb berarti memotong atau tajam. Pedang ini dikirim ke Nabi Muhammad oleh salah satu companionnya sebelum perang Badar. Beliau menggunakan pedang ini pada perang Uhud. Pedng ini disimpan di masjid Husein di Cairo, Mesir.

 *Pedang Al Hatf
Hatf adalah pedang yang didapatkan oleh Nabi Muhammad sebagai harta rampasan perang dari Bani Qaynuqa. Dikatakan bahwa Nabi Daud mengambil pedangnya al-Batar dari tangan Namrud sebagai harta rampasan ketika dia mengalahkannya tetapi pada saat itu umur beliau kurang dari 20 tahun. Allah memberikan mu'jizat kepada Nabi Daud kemampuan untuk membuat senjata, tameng dan alat-alat perang dari besi. Kemudian beliau membuat pedang yang dinamai Hatf menyerupai al-Battar tetapi lebih besar. Beliau menggunakan pedang ini sampai meninggal kemudian dirawat oleh suku Levitar, salah satu suku bangsa Israel, dan akhirnya sampai di tangan rasulullah. Pedang ini sekarang berada di museum Topkapi. Pedang ini panjangnya 112 cm dan lebar 8 cm.

 *Pedang Al Mathur
Al Mathur, juga dikenal sebagai Ma'thu al-Fijar adalah pedang yang dimiliki oleh Rasulullah sebelum beliau menerima wahyu pertama di Makkah. Pedang ini adalah kepunyaan ayah beliau. Nabi Muhammad hijrah dengan pedang ini dari Makkah ke Madinah dan pedang ini tetap dengan beliau sampai diberikan ke Ali Bin Abi Thalib. Pedang ini panjangnya 99 cm. Gagangnya terbuat dari emas pada bentuk yang seperti ular dan dihiasi dengan emerald dan batu pirus (batu berwarna biru). Dekat dengan gagang terukir ukiran Kufic, Abdallah bin Abdul Al-Muttalib. Sekarang pedang ini dilindungi di museum Topkapi.

 *Pedang Al Mikdham
Pedang ini berdasarkan cerita diberikan oleh Rasulullah Muhammad kepada Ali bin Abi Thali, dan dari Ali diberikan ke anaknya. Sumber lain mengatakan bahwa pedang ini adalah hasil rampasan terhadap penggerebekan yang dipimpin oleh Ali di Syria. Pedang ini disimpan di museum Topkapi, Istanbul. Pedang ini panjangnya 97cm dan terpahat nama Zayn al-Din al-Abidin.

 *Pedang Al Qadib
Al-Qadib adalah pedang ringan yang menyerupai batang tipis. Pedan ini digunakan untuk pertahanan atau persahabatan untuk musafir tapi tidak untuk berperang. Tertuliskan pada sisi pedang yang berwarna silver Tidak ada berhala tetapi Allah, Muhammad adalah untusan Allah--Muhammad bin Abdullah bin Abdul Muttalib. Tidak ada tanda pada sumber sejarah manapun bahwa pedang ini pernah digunakan untuk berperang. Pedang ini berada di rumah Rasulullah dan hanya digunakan kemudian oleh kekhalifahan Fatimiah. Pedang ini disimpan di museum Topkapi, Istanbul.
 
 *Pedang Al Qal'i
Pedang ni dikenal sebagai Qal'i atau Qul'ay. Nama pedang ini mungkin ada hubungannya dengan tempat di Syria atau India dekat Cina. Ada juga yang mengatakan Qal'i berarti tin atau timah putih. Pedang ini adalah salah satu dari tiga pedang yang menjadi harta rampasan perang bani Qaynuqo. Juga dikatakan bahwa kakek Nabi Muhammad menemukan pedang Qal'i ketika dia membuka air zamzam di Makkah. Sekarang pedang ini disimpan di museum Topkapi, Istambul. Panjang 100 cm. Didekat handle bertuliskan dengan bahasa arap pedng ini adalah pedang mulia nabi Muhammad. Pedang ini terasa istimewa dari pedang-pedang yang lain karena desain yang menyerupai gelombang sampai meninggal kemudian dirawat oleh suku Levitar, salah satu suku bangsa Israel, dan akhirnya sampai di tangan Rasulullah. Pedang ini sekarang berada di museum Topkapi. Pedang ini panjangn dan lebar 8 cm.

*Pedang Al Rashub
Pedang ini adalah salah satu dari sembilan pedang Nabi Muhammad. Dikatakan bahwa pedang ini adalah penjaga ahlul bait seperti Ark menjaga bangsa Israel Istanbul.
 


*Pedang Dhu Al Faqar
Pedang ini didapatkan dari hasil rampasan oleh Nabi Muhammad pada perang Badar. Dikabarkan bahwa Nabi Muhammad memberikan pedang ini kepada Ali Bin Abi Thalib dan dengan pedang ini Ali berperang di perang Uhud. Banyak sumber mengatakan bahwa pedang ini ditetapkan dengan Ali dan keluarganya, dan pedang tersebut memiliki dua ujung, mungkin disini ditunjukkan dengan dua mata pisau.

***

Selain pedang, juga ada beberapa relikui peninggalan Nabi seperti terompah (sandal), baju, dan lainnya. Ini dia: 

--salah satu surat Nabi untuk Kaisar Roma dilengkapi cap stempel (kiri)--
--(searah jarum jam): Rambur Rasulullah SAW, Stempel Surat, Tempat Minum, Jubah, dan Patagan gigi&rambur Rasul--

--(searah jarum jam): pakaian&tongkat, ikat kepala, janggut, rambut, dan pasir dari makam Rasul--

--(searah jarum jam): telapak kaki, Topi perang, baju, bendera perang, dan baju Rasul--

--(searah jarum jam): kotak gigi&rambut, kotak peralatan Fatimah R.A, makam Rasul, busur dan panah Rasul, Pintu kamar--

Berhubung saya tak diperkenankan mengambil gambar waktu mengunjungi pameran Sebilah Pedang, jadi gambar-gambar di atas saya ambil dari referensi: Sebilah Pedang Bukti Sejarah Kejayaan Islam di Masa Silam, Abidurrohman, Piramid, 2010.
Semoga bermanfaat..

0 comments:

Posting Komentar