Mengerti itu !!!

kalian benar-benar tak tahu diuntung. berpikirlah sedikit. kalian ini berasal dari keluarga seperti apa. jangan pernah berangan-angan untuk berguru ke perguruan tinggi itu. kalian itu dari keluarga miskin. mengerti itu!!!

kau, kenapa menangis? hapus air matamu. aku tak pernah mengajarkan kau menjadi wanita lemah. tak ada yang perlu kau tangisi. tak ada pula yang akan mengasihanimu. mengerti itu!!!

sudah dari dulu aku katakan. kalian tak juga mengerti. hari-hari kalian cukup seperti ini saja. makan dan minum hari-hari saja, syukur. cukup. tak perlu berandai lebih dari itu. mengerti itu!!!

aku juga ingatkan. jangan turuti mereka. mereka beruntung. tak sama dengan kalian. ayah mereka orang kaya. ayah kalian kaum papa. ibu mereka jutawan, ibu kalian tak demikian. mengerti itu!!!

mulai hari ini, kubur dalam-dalam angan kalian. lakukan saja apa yang bisa kita lakukan. yang penting kita tak mengemis kepada siapapun untuk mendapatkan makan.

hentikan tangis kalian! hentikan! tak sudi aku melihat kalian menangis. sekali lagi aku katakan, kalian tidak pernah aku ajarkan menjadi lemah. kuat. kuat. kuat.

sudahlah. kita tak bergantung kepada mereka saja, cukup. hidup dengan kesederhanaan, sudah lebih dari indah. jangan pernah berkecil hati. kita begini bukan berarti miskin ilmu. belajar bisa di mana saja. yang penting kemauan.

berdiri. tegaklah. bulatkan tekad. kita akan menjadi orang baik di manapun. kita akan menjadi orang taat agama. kita akan selalu berjalan di jalur-Nya. kita juga berilmu, tentunya.

0 comments:

Posting Komentar